• Buletin Al-Ikhlash

    Diterbitkan Oleh:
    Seksi Dakwah Yayasan Pondok Pesantren Al-Ikhlash Wuluhan Jember.
    Penasehat:
    Ust.Ahmad Amar Syarif
    Pemimpin Redaksi:
    Ust. Muhammad Ayyub
    Pemimpin Usaha:
    Ibnu Muchsin Al-Rosi
    Dewan Redaksi:
    Ust. Ahmad Amar Syarif,
    Ust. Muhammad Ayyub,
    Ust. Hamzah Amali,
    Ust. Abdullah Muid.
    Sekretaris:
    Abu Owais
    Keuangan:
    Fredy
    Sirkulasi dan Distribusi:
    Abu Ismail, Ihsan,
    Alamat Redaksi:
    Pondok Pesantren Al-Ikhlash No.76, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember, Jawa Timur, Indonesia. Telp (0336) 621286. Tromol Pos 01.
    Info Berlangganan:
    Infaq Rp.200/lembar Untuk luar kota pemesanan minimal @50 eks =Rp 50.000/bulan (Jawa) & Rp 55.000/bulan (Luar Jawa) - Sudah termasuk ongkos kirim. Rekening 8910152361 BCA a/n A.Hadiq. Hub: 081342298660.
    Layangkan Pertanyaan:
    Via SMS dan Telp ke (0331) 7804690
  • May 2008
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Meta

  • Kajian Salaf

Darah haid melewati hari-hari normal

Soal:

Apa yang mesti saya lakukan, jika darah haid tidak terhenti di hari yang semestinya ia sudah berhenti. Perlu diketahui, bahwa masa haid yang biasa saya jalani (masa normal) adalah 6 hari. Namun pernah terjadi, bahwa darah tersebut terus keluar melewati hari-hari yang normal itu. Darah yang lebih dari 6 hari itu termasuk darah haid? Mohon dijelaskan. (Taklim).

Jawab:

Yang perlu anda ketahui, bahwa pendapat yang unggul tentang batasan maksimal haid adalah “bahwa haid itu tidak memiliki batasan maksimal”. Adapun batasan maksimal yang dipatok oleh beberapa ulama, bahwa selama-lama haid (masa maksimalnya) adalah 15 hari atau 17 hari adalah pendapat yang tidak tepat, lantaran tidak adanya dalil shahih yang menerangkan tentang batasan maksimal tersebut.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Diantara sebutan yang dikaitan oleh Allah SWT dengan berbagai hukum dalam Al-Kitab (Al-Qur’an) dan As-Sunnah adalah sebutan haid. Allah tidak menentukan batas minimal dan batas maksimalnya, dan juga tidak menentukan batas masa suci antara dua haid. Padahal urusan ini telah merata detengah umat dan butuhnya umat padanya (pada keterangan tersebut). Sedang bahasa sendiri (bahasa Arab, red) tidak memisahkan antara satu ukuran yang lain. Barangsiapa yang menetapkan batasan pada ukuran tersebut, maka ia telah menyalahi Al-Kitab dan As-Sunnah“. (Tamamul Minnah fi Fiqhil wa Shahihis Sunnah oleh Syaikh ‘Adil Bin Yusuf, h. 140 kitab at-Thaharah).

  • Darah lebih lama dari biasanya

Jika darah keluar lebih lama dari masa haid anda yang normal seperti yang anda tanyakan, maka anda tidak terlepas dari dua kondisi.

Pertama, mampu membedakan jenis darah.

Jika anda tergolong wanita yang mampu membedakan jenis darah (antara jenis darah haid dan istihadhah), maka anda cukup memperhatikan darah yang lebih dari kebiasaan anda itu. Apabila ternyata warna, bau, serta bentuknya menyerupai darah haid, maka hokum-hukum haid masih berlaku pada anda. Tidak sholat, puasa, dan tidak pula melayani suami. Artinya anda masih mengalami masa haid. Mengapa? Karena pendapat yang unggu(seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya) bahwa tidak ada batasan tertentu dalam masa berlangsungnya haid. Namun apabila darah tersebut tidak menyerupai darah haid, maka hendaklah anda mandi dan melaksanakan sholat.

Kedua, Tidak mampu membedakan jenis darah

Jika anda tergolong wanita ini maka anda tetap tidak dapat melaksanakan sholat, puasa, berjimak hingga benar-benar telah suci, karena memang tidak ada batasan maksimalnya. (lihat Shahih Fikih Sunnah dengan beberapa perubahan kalimat, Karya Syaikh Abu Malik Kamal bin Sayyid 1/208).

  • Kesimpulan

Bertambah atau berkurangnya masa haid dari masa yang semestinya maka pendapat yang unggul, bahwa kapan saja ia melihat bahwa darah yang keluar itu adalah darah haid, maka ia masih berada dalam haidnya. Dan kapan ia melihar dirinya telah suci, maka ia telah dianggap suci Wallahu’alam

15 Responses

  1. ass,
    saya haid selama 9 hari,tp 7 hari kmudian kluar lg,warnanya coklat lemerah merahan tp kluarnya dikit,trz gmn ak takut?

    • Darah coklat kemerah-merahan sesudah masa haid ada dlm dua kondisi. Kondisi pertama, darah tersebut masih bersambung dengan masa haid. kedua, keluar setelah berlalunya haid.
      jika darah tersebut keluar setelah berlalunya masa haid [seperti kasus anda diatas] maka ia tidak terhitung sebagai darah haid.
      Adapun jika keluar bersambung dengan darah haid maka ia tetap teranggap sebagai darah haid. Wallahu A’lam.

  2. Kasihan si suami :(

    Di sinilah terletak hikmah beristeri lagi. Wallahu alam.

  3. Setelah anak berusia 3,5 tahun , saya berencana hamil lagi , dan saya menghentikan kb suntik yang selama ini saya gunakan. Tapi setelah itu, saya malah mengalami haid yang tidak pernah berhenti, yaitu sudah hampir 2,5 bulan berjalan.Yang menjadi kebingungan saya adalah , darah haid nya kalau saya melihat secara awam, memang seperti darah haid seperti umumnya, tidak seperti nanah yang kekuningan, dan saya bingung juga jika harus membedakan apakah ini darah haid atau darah penyakit. Saya bimbang , apakah saya bisa melakukan sholat , puasa , dan lainnya ? Sedang kalau saya membaca referensi – referensi di web – web islami, tidak ada batasan darah haid harus berhenti selama 15 hari dan setelah itu dianggap penyakit. Jadi jika keadaan darah haid belum berhenti , maka dianggap memang belum suci. Jujur saya tidak begitu paham hukum- hukum haid dalam islam. Mohon petunjuk dan penjelasannya. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Darah haid berwarna merah tua atau merah kehitam-hitaman. sedang darah penyakit adalah warna merah segar dan tidak berbau. Anda ada dalam dua kondisi diatas antara haid dan istihadah. Maka perhatikanlah darah yang keluar.

  4. Baru kemarin sya haid dg darah yg tdk seperti biasanya,darahnya berwarna merah kehitam-hitaman, apkah itu termasuk darah haid atau penyakit?mohon penjelasannya.

    • Diantara bentuk fisik darah haid yang paling jelas adalah berwarna merah tua atau merah kehitam-hitaman.

  5. Assalamualaikum. Terkadang jika haid itu, akan ada bau yang kita camkan. Sering saya fikir selagi bau itu ada, maka saya masih dikira haid.
    Adakah mesti keluar darah berwarna merah baru ianya dikira haid?

    Jika contohnya setelah habis haid keluar lagi cairan yang kental warna kekuningan maka adakah ianya haid?

    Mohon pertolongan.. Sudah lama keliru.
    Pendapat yang saya dengar sebelum ini ialah harus ditunggu sehingga bersih daripada semua kotoran(tiada cairan langsung) barulah haid telah berhenti.

    Jazakallahu khaira.

  6. Farhana…..Jika warna kekuning-kuningan itu keluar setelah haid terputus [diketahui terputus dari dua tanda: cairan putih atau benar-benar kering, tidak ada darah] maka itu tidak digolongkan darah haid. Jika masih bersambung dengan darah haid [dimana darah haid belum betul-betul bersih lalu keluar cairan kekuning-kuningan] maka anda masih ada dalam masa haid.

  7. assalamualaikum,
    saya sudah keluar darah haid lebih dari 15hari(25/03/2011 sehingga sekarang), warna darah seperti merah hati(hitam) kadang-kadang warna merah cerah tetapi keluar sedikit.. sebelumnya keluar darah haid 28/02/2011 hingga 10/03/2011 tetapi keluar darah yang banyak tidak sepeti biasa….adakah saya perlu berjumpa dengan doktor atau perkara ini normal bagi setiap wanita.??

    terima kasih, wassalam

    • assalamualaikum…
      3 bulan terakhir saya mengalami haid yang tidak biasa, masa haid saya rata2 2-3 minggu dan1 minggu pertama darah pada saat darah keluar, perut saya terasa sakit serta badan saya seperti lemas. Bulan ini, sudah hampir lebih dari 3 minggu darah haid saya keluar dan tidak berhenti, memang darahnya tidak sebanyak yang seperti biasa. tapi saya merasa khawatir dengan masalah ini. apakah menstruasi yang saya alami masih normal? trus bagaimana dengan kewajiban saya sebagai wanita muslim?

  8. Assalamualaikum

    saya tidak datg haid pada bulan 12. biasa nye saya akan period pada 28/12/2011.. tapi tidak dtg juga.. seblm tu saya telh melakukan hubungan seks. tetapi air mani d buang luar sahaja.. apakah penyebab saya tidak datang haid pada bulan tersebut.

    saya perlu pertologan tuan/puan… terima kasih.

  9. Assalamualaikum……
    Tanggal 31 desember 2011 saya mulai haid tp gak banyak, sedikit-sedikit warnanya hitam-hitam gitu lebih kurang 10hari…
    1minggu setelah itu saya haid lagi, dan sudah 18hari belum juga berhenti……
    apa sich g terjadi dg alat reproduksi saya…???????
    apa wanita yang haid seperti saya akan sulit hamil/ bahkan memang gak bisa hamil……??????

  10. assalamualaikum…
    haid saya sudah memasuki hari ke 23, saya takut.. apakah dalam diri saya ada penyakit ? apa yang harus saya lakukan ???
    terimakasih, wassalam..

  11. kenapa ya saya juga sdh hampir 2 bln haid saya tdk berhenti2. Apa saya juga ada penyakit atau ketidaknormalan hormon saya. Jd apa yg harus saya lakukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: